Eksplorasi Mental Health dalam Meningkatkan Motivasi Penyelesaian Studi Mahasiswa Tingkat Akhir STIE Bank BPD Jateng
Abstract
Mahasiswa tingkat akhir STIE Bank BPD Jateng menghadapi tantangan dalam menyelesaikan skripsi, yang dapat mengganggu kesehatan mental. Penelitian ini mengkaji kecemasan, depresi, dan dukungan sosial terhadap motivasi penyelesaian studi, dengan sampel 77 mahasiswa menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dan purposive sampling dengan alat analisis regresi linear berganda. Hasil menunjukkan kecemasan dan depresi tidak signifikan, sedangkan dukungan sosial berpengaruh positif dan signifikan. Kesimpulannya, dukungan sosial dari keluarga, teman, dan dosen berperan penting dalam meningkatkan motivasi mahasiswa. Penelitian ini memberikan wawasan tentang peran kesehatan mental dalam proses akademik serta rekomendasi bagi institusi untuk menyediakan layanan pendukung kesehatan mental yang lebih efektif.
References
Ardiansyah, S., Yunike, Ardiansyah, S., Tribakti, I., Suprapto, Saripah, E., Febriani, I., Zakiyah, Kuntoadi, G. B., Muji, R., Kusumawaty, I., Narulita, S., Juwariah, T., Akhriansyah, M., Putra, E. S., & Kurnia, H. (2023). Buku Ajar Kesehatan Mental.
Bourdieu, P. (1986). The Forms of Capital. In Handbook of Theory and Research for the Sociology of Education.
Daawi, M. M., & Nisa, W. I. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap tingkat Stres dalam Penyusunan Tugas Akhir Skripsi. Psikodinamika - Jurnal Literasi Psikologi, 1(1), 67–75. https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v1i1.556
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior.
Fawzy, M., & Hamed, A. (2017). Prevalence of Psychological Stress, Depression and Anxiety among Medical Students in Egypt.
Festinger, L. (1957). A Theory Cognitive Dissonance.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10.
Gunawan, Y. E. S., Landi, M., & Anthasari, D. (2018). Hubungan Antara Motivasi, Dukungan Keluarga Dan Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Ujian Proposal Di Prodi Keperawatan Waingapu. Jurnal Info Kesehatan, 16(1), 72–82. https://doi.org/10.31965/infokes.vol16.iss1.173
Habibullah, M., Hastiana, Y., & Hidayat, S. (2019). Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Seminar Hasil Skripsi Di Lingkungan Fkip Universitas Muhammadiyah Palembang. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 10(1), 36. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i1.2015
Handayani, E. S. (2022). Mental Health (Mental Hygiene). In Journal of Canadian Studies.
Imperial, R., Ibanga, J., David, J., Macapagal, J., & Tus, J. (2023). Mental Health and Academic Motivation Among Graduating College Students: A Correlational Study. Mental Health and Academic Motivation Among Graduating College Students: A Correlational Study Psychology and Education: A Multidisciplinary Journal, 902–908. https://doi.org/10.5281/zenodo.8158944
Indriani, F. (2024). Pengaruh Dukungan Sosial Dosen Pembimbing Skripsi Terhadap Prokratinasi Dalam Penyelesaian Skripsi. Journal of Science and Social Research , 7(2), 384–392.
Kemenkes RI. (2022). Depresi dan Bunuh Diri. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1450/depresi-dan-bunuh-diri.com
Laoli, S. E. W., Nauli, F. A., & Karim, D. (2022). Gambaran Tingkat Depresi Mahasiswa Dan Faktor Penyebab Depresi Mahasiswa Tingkat Akhir Di Universitas Riau. Coping: Community of Publishing in Nursing, 10(1), 115. https://doi.org/10.24843/coping.2022.v10.i01.p15
Maisarah, Novitayani, S., & Alfiandi, R. (2021). Tingkat Depresi Pada Mahasiswa Keperawatan Yang Sedang Menyusun Skripsi. JIM FKep, V(3), 54–59.
Maria, D. Y., Rahayu, B. A., & Polinggapo, N. A. (2022). Motivasi Dan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Mengerjakan Skripsi. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(4), 629–638.
Marjan, F., Sano, A., & Ifdil, I. (2018). Tingkat kecemasan mahasiswa bimbingan dan konseling dalam menyusun skripsi. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 3(2), 84. https://doi.org/10.29210/02247jpgi0005
Meliala, S., Tobing, L., Nursiti, D., & Lumbanraja, K. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Kecemasan Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Pgsd Tingkat Akhir Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Psychomutiara, 4(2), 92–114. https://doi.org/10.51544/psikologi.v4i2.3327
Ngara, C. A. R. D., Amat, A. L. S. S., Manafe, D. T., & Koamesah, S. M. . (2021). Hubungan Depresi Dengan Indeks Prestasi Kumulatif (Ipk) Pada Mahasiswa Program Studi Arsitektur. Cendana Medical Journal (CMJ), 9(1), 178–184. https://doi.org/10.35508/cmj.v9i1.4954
Pangaribuan, E. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Kota Medan. 3, 1–120.
Sari Purwoko, N. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Dan Lingkungan KerjaTerhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Penerbangan Flynas. Artikel, 1(3), 1–7.
Sarinah. (2017). Pengantar Manajemen.
Sary, N., Elvinawaty, R., Lim, C., Sihombing, E. F., Stephany, W. W. W., Sirait, A., & F. Zendrato, J. B. (2024). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Student Engagement pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi. Jurnal Social Library, 4(3). https://scholar.archive.org/work/26zcw7soi5dkbdnjf6arhi66rm/access/wayback/http://penelitimuda.com/index.php/SL/article/download/78/pdf
Siti khadijah, Ariu Lahesi, Ridhona, & Eka Wulandari. (2024). Pengaruh Perekonomian Keluarga Terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa. Educate : Journal of Education and Learning, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.61994/fks50b62
Stefany, C., Dewi, A. P., & Dewi, I. Y. (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Keluarga Terhadap Motivasi Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Menyusun Skripsi. Jurnal Ilmu Keperawatan, 9(2), 44–55.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In 2.
Susilo, T., & Eldawaty. (2021). Tingkat Kecemasan Mahasiswa dalam Penyusunan Skripsi di Prodi Penjaskesrek Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Jurnal Consilia, 4(2), 105–113. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia
Ulfah, U. (2023). Pengaruh Kesehatan Mental Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir In Proceedings of Annual Guidance and Counseling Academic Forum. 23–28.
Vanessa, S. R., & Ferdian, F. R. (2023). Prediksi Self-Compassion terhadap Psychological Distress pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi. Jurnal Ilmiah Psikologi MANASA, 12(2), 96–109.
Veit, C. T., & Ware, J. E. (1983). The structure of psychological distress and well-being in general populations. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 51(5), 730–742. https://doi.org/10.1037/0022-006X.51.5.730
Venkata, G., & Mba, R. (2023). Research Methodology and Statistical Analysis-Digital Notes.
Vierdiana, D. (2024). Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Mental di Kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(Jil. 7 Nomor 1 (2024) : Jilid 7 Nomor 1 Tahun 2024), 1553–1558. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/25352
Wang, X., Cai, L., Qian, J., & Peng, J. (2014). Social support moderates stress effects on depression. International Journal of Mental Health Systems, November. https://doi.org/10.1186/1752-4458-8-41
WHO. (2024). Mental Health. https://www.who.int/health-topics/mental-health#tab=tab_1
Widianti, E., Mega Septania, S., & Nur Asriyani Maryam, N. (2022). Gambaran Kesehatan Jiwa Mahasiswa Keperawatan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan ’Aisyiyah, 9(1), 89–105. https://doi.org/10.33867/jka.v9i1.330
Widiantoro, D., Nugroho, S., & Arief, Y. (2019). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dari Dosen Dengan Motivasi Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.33367/psi.v4i1.649
Yusri, A. Z. dan D. (2020). Teori,Metode dan Praktik Penelitian Kualitatif. In Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 7, Issue 2).