Profitabilitas dan Transparansi dalam Meningkatkan Nilai Perusahaan
Abstract
This research aims to explore the impact of profitability and transparency on firm value. Sample
selection was conducted selectively using the purposive sampling method, resulting in a total of 66
samples. The study was carried out on manufacturing companies in the food and beverage sub-sector
listed on the Indonesia Stock Exchange during the period 2020-2022. The choice of the food sub-sector
as the research focus was based on its performance improvement during the specified period, despite
facing challenges from the COVID-19 pandemic in 2020. Investors also demonstrated increased
interest in this sub-sector. The applied method of data analysis was multiple linear regression. The
research findings indicate that both profitability and transparency have a significantly positive impact
on firm value. These results offer a deeper understanding of the positive relationship between
profitability, transparency, and the assessment of firm value in the context of food and beverage
manufacturing companies during the research period
References
Dewi, V.S. and Ekadjaja, A. (2020) ‘Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur’, Jurnal Multiparadigma Akuntnasi Tarumanegara2, 2(1), pp. 118–126.
Farizki, F.I., Suhendro, S. and Masitoh, E. (2021) ‘Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Ukuran Perusahaan Dan Struktur Aset Terhadap Nilai Perusahaan’, Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), p. 17. Available at: https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.273.
Intan, M. (2020) ‘Pengaruh Penghindaran Pajak, Profitabilitas, Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Transparansi Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia’, Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01(05), pp. 65–74.
Keni, C.E. and Pangkey, R. (2022) ‘Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020’, Jurnal Akuntansi Manado (JAIM), 3(3), pp. 445–454. Available at: https://doi.org/10.53682/jaim.vi.3816.
Kusna, I. and Setijani, E. (2018) ‘Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan, Growth Opportunity Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Dan Nilai Perusahaan’, Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), pp. 93–102. Available at: https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i1.2155.
Marpaung, C.M. and Manalu, M. (2020) ‘Pengaruh Tax Avoidance Dan Transparansi Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sub Sektor Otomotif Yang Listing Di Bei’, Jurnal Terapan Ilmu Manajemen dan Bisnis, 3(2), pp. 43–53. Available at: https://doi.org/10.58303/jtimb.v3i2.2445.
Munzir, M., Andriyan, Y. and Hidayat, R. (2023) ‘Consumer Goods: Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dimediasi oleh Corporate Social Responsibility’, Jurnal Akuntansi dan Governance, 3(2), p. 153. Available at: https://doi.org/10.24853/jago.3.2.153-165.
Mutiara Dhea Puspita, Mulyadi and Sianipar, P.B.H. (2023) ‘Pengaruh Perencanaan Pajak Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Transparansi Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Sektor Infrastruktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2021’, Jurnal Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen, 2(4), pp. 310–322. Available at: https://doi.org/10.30640/inisiatif.v2i4.1439.
Nur, T. (2019) ‘Pengaruh Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi’, Jurnal Manajemen Bisnis, 22(1), pp. 58–76.
Nurrahman, T., Sofianty, D. and Sukarmanto, E. (2016) ‘Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan’, in Prosiding Akuntansi, pp. 4394–4422.
Puspitaningtyas, Z. (2017) ‘Efek Moderasi Kebijakan Dividen Dalam Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan’, Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 5(2), p. 173. Available at: https://doi.org/10.30871/jaemb.v5i2.538.
Sabrin, A. et al. (2016) ‘The Effect of Profitability on Firm Value in Manufacturing Company at Indonesia Stock Exchange’, The International Journal of Engineering and Science, 10(5), pp. 81–89.
Sagita, A. and Khairani, S. (2016) ‘Pengaruh Tax Avoidance, Transparansi Informasi, dan Manajemen Laba Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016)’, Stimik Gi Mdp [Preprint].
Salsabila, R. (2023) Analisis Pengaruh Penghindaran Pajak, Profitabilitas dan Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan.
Savitri, D.A.M., Kurniasari, D. and Mbiliyora, A. (2021) ‘Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2019)’, Jurnal Akuntansi dan Pajak, 21(02), pp. 500–507. Available at: https://doi.org/10.29040/jap.v21i02.1825.
Sembiring, S. and Trisnawati, I.T.A. (2019) ‘Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan’, Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 21(1), pp. 173–184.
Silaban, P. and L. Siagian, H. (2020) ‘Pengaruh Penghindaran Pajak Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Yang Terlisting Di Bei Periode 2017-2019’, Jurnal Terapan Ilmu Manajemen dan Bisnis, 3(2), pp. 54–67. Available at: https://doi.org/10.58303/jtimb.v3i2.2446.
Suripto (2021) ‘Pengaruh Corporate Social Responsibility, Kualitas Audit dan Manajamen Laba terhadap Tax Avoidance pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia’, Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) Vol. 5 No. 1, 2021, Universitas Pamulang, 5(P-ISSN; 2541-5255 E-ISSN: 2621-5306), pp. 1651–1672.
Yuliana, B. and Africano, F. (2020) ‘Analisis Pengaruh Penghindaran Pajak, Ukuran Perusahaan, Leverage dan Transparansi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode Tahun 2012-2016)’, Jurusan Akuntansi STIE Multi Data Palembang, (x), pp. 1–20.
Yuliandana, S., Junaidi and Ramadhan, A. (2021) ‘Pengaruh Tax Avoidance Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI)’, Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 9(1), pp. 31–40.