STRATEGI BUSINESS CONTINUITY PLAN (BCP) UNTUK KETAHANAN UMKM DAN UKM DI MASA KRISIS

  • Yenny Maya Dora Universitas Widyatama
  • Nugraha Saefudin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widyatama
  • Intan Widuri Sakti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widyatama
  • Oktora Yogi Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widyatama
  • Asep Sudrajat Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widyatama
  • Cania Sukma Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widyatama
Keywords: Business Continuity Plan (BCP), OODA Loop, Strategi, UMKM dan UKM

Abstract

Krisis yang diakibatkan oleh Pandemi Covid 19 memberikan dampak yang sangat besar untuk keberlangsungan usaha para pelaku UMKM dan UKM. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk menyusun Business Continuity Plan (BCP) Ketahanan  UMKM dan UKM di masa krisis maupun  bila terjadi krisis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Data penelitian didapat dengan melakukan wawancara dan menyebarkan kuesioner kepada para pelaku UMKM dan UKM Kota Bandung. Data yang didapat dianalisa dengan metode OODA Loop dikumpulkan dengan wawancara dan kuesioner kepada para pelaku UMKM dan UKM. Dari hasil analisa data didapat cara supaya UMKM dan UKM dapat bertahan dengan cara Para pelaku usaha UMKM di Kota Bandung supaya dapat bertahan dalam kondisi krisis melakukan langkah, seperti: Menghasilkan produk sesuai dengan kebutuhan pasar (memodifikasi atau mengembangkan produk atau menghasilkan produk baru). Mengikuti pelatihan-pelatihan baik untuk pengembangan produk, memproduksi produk, maupun meningkatkan dan mengembangan kemampuan dalam menjual barang/jasa secara online, bergabung dengan group. Mengikuti kegiatan-kegiatan pameran yang diselenggarakan oleh pemerintah, memasarkan produk dengan memanfaatkan digital marketing serta kolaborasi. Dan terus menerapkam metode OODA Loop. Hasil penelitian ini akan sangat berguna untuk para UMKM dan UKM mempersiapkan diri untuk menghadapi, menjalani dan melalui masa krisis.

References

Artikel Jurnal
Aminy, Aisyah, and Kartika Fithriasari. 2021. “Analisis Dampak Covid-19 Bagi Umkm Di Jawa Timur.” Seminar Nasional Official Statistics 2020(1): 15–22.
Amri, Andi. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap UMKM Di Indonesia.” Jurnal Brand 2(1): 123–30. https://www.academia.edu/42672824/Dampak_Covid-19_Terhadap_UMKM_di_Indonesia.
Hamanay, Nency Diera, L U H Dina Ekasari, and Ahmad Mukoffi. 2021. “Dampak Covid-19 Terhadap Pendapatan UMKM Pada Pabrik Usaha Tahu Amda.” Akuntansi Kompetif: 7.
Pendahuluan, I. 2012. “Dwi Muhammad Iqbal, 2 Syahril, 3 Risnaldiansyah, MTI 1.” : 9–23.
Sanjaya, Tiara Anggarista Firdaus, and Rida Perwita Sari. 2021. “Analisis Ketahanan UMKM Di Sidoarjo Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Menggunakan OODA Loop.” Seminar Nasional Akuntansi 1(1): 233–45.
Setiawan, Ito, Retno Waluyo, and Wahyu Aji Pambudi. 2019. “Perancangan Business Continuity Plan Dan Disaster Recovery Plan Teknologi Dan Sistem Informasi Menggunakan ISO 22301.” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) 3(2): 148–55.
Soetjipto, Noer. 2020. K-Media Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi COVID-19.
Tengah, Kabupaten Lombok, and Dian Sista Ningsih. 2022. “ANALISIS KETAHANAN UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 ( Studi Kasus Kerajinan Anyaman Rotan Di Desa Loang Maka , Kecamatan.” Jurnal Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial 13(1): 34–46.
Wijaya, Avelia, and Kriswanto Widiawan. 2017. “Perancangan Business Continuit y Plan Sebuah Perusahaan Paku Di Surabaya.” Jurnal Tirta 5(2): 123–30.


Buku
Alsa, A. (2014). Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif serta Kombinasinya dalam Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Creswell, J.W. (2013). Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed) Edisi Revisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Published
2022-10-11
Section
Articles