ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, ISLAMICITY PERFORMANCE INDEX DAN PROFITABILITAS BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA

  • Versiandika Yudha Pratama UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan
Keywords: Islamic Corporate Social Responsibility, Islamic Corporate Islamicity Performance Index,, Profitabilitas, Bank Umum Syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara islamic corporate social responsibility dan islamicity performance index terhadap profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2017-2020. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari laporan tahunan maupun laporan keberlanjutan bank umum syariah. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Dengan teknik pengambilan sampel yang ditentukan, diperoleh 11 bank umum syariah yang dijadikan sampel penelitian selama periode 2017-2020. Uji yang dilakukan adalah uji regresi linear berganda dengan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menujukkan bahwa secara parsial, profit sharing ratio maupun islamic income ratio berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas bank umum syariah di Indonesia periode 2017-2020. Di lain variabel, islamic corporate social responsibility maupun zakat performance ratio masing-masing tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas bank umum syariah di Indonesia. Sementara itu, jika dilihat dari pengaruhnya secara bersamaan, islamic corporate social responsibility dan islamicity performance index berpengaruh secara simultan terhadap profitabilitas bank umum syariah di Indonesia periode 2017-2020.

References

Adisaputra, T. F. (2021). Pengaruh Islamic Social Reporting (ISR) Terhadap Kinerja Keuangan Pada Bank Umum Syariah di Indonesia. YUME: Journal of Management, 4(1).
Arifin, J., & Wardani, E. A. (2016). Islamic Corporate Social Responsibility Disclosure, Reputasi, dan Kinerja Keuangan: Studi Pada Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, 20(1), 38.
Asma’Rashidah Idris, F. F. A., Asari, H., Taufik, N. A. A., Salim, N. J., Mustaffa, R., & Jusoff, K. (2011). Determinant of Islamic Banking Institutions’ Profitability in Malaysia. World Appl. Sci. J, 12, 01-07.
Dewanata, P., Hamidah, H., & Ahmad, G. N. (2016). the Effect of Intellectual Capital and Islamicity Performance Index To the Performance of Islamic Bank in Indonesia 2010-2014 Periods. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 7(2), 259-278.
Falikhatun & Assegaf, Y. U. (2012). Bank Syariah di Indonesia: ketaatan pada prinsip-prinsip syariah dan kesehatan finansial. In Conference In Business, Accounting, And Management (CBAM) ,1(1), 245-254.
Fauzi, M., Akbarudin, W. H., Darmasetiawan, I. E., & Darussalam, A. (2020). Penerapan Tanggung Jawab Sosial Perbankan Syariah Milik Negara dengan Indeks Islamic Social Reporting. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 488-500.
Hameed, S. (2004). Alternative Disclosure & Performance Measures For Islamic Banks. Proceeding of The Second Conference on Administrative Science: Meeting The Challenges of The Globalization Age. Dahran, Saudi Arabia.
Haniffa, R. (2002). Social reporting disclosure: An Islamic perspective. Indonesian Management & Accounting Research, 1(2), 128-146.
Hardina, L., Sasongko, N., & Setiawati, E. (2019). Pengaruh Islamicity Performance Index Terhadap Profitabilitas Dengan Intellectual Capital Sebagai Variabel Moderating Pada Perbankan Syariah Di Indonesia. The 9th University Research Colloqium (Urecol), 9(3).
Ibrahim, S. H. M., Wirman, A., Alrazi, B., Nor, M. N. B. M., & Pramono, S. (2004, April). Alternative disclosure & performance measures for Islamic banks. In Second Conference on Administrative Sciences: Meeting the Challenges of the Globalization Age, King Fahd University of Petroleum & Minerals, Dhahran, Saudi Arabia (pp. 19-21).
Ilmi, N., Fatimah, S., & Sumarlin, S. (2020). Pengaruh Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) dan Zakat Perusahaan Terhadap Kinerja Perbankan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating Pada Perbankan Syariah Di Indonesia (Periode 2015-2019). Islamic Banking, Economic and Financial Journal, 1(1)
Indrayani dan Risna. (2018). Pengaruh Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) Dan Sharia Governance Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Bank Umum Syariah Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). Jurnal Akuntansi, Keuangan & Perpajakan Indonesia (JAKPI). Vol 6, No 01.
Indrayani, T., & Anwar, S. (2021). Analisis Pengaruh Intellectual Capital, Profit Sharing Ratio, Zakat Performance Ratio, Islamic Income Ratio Dan Income Diversification Terhadap Return On Asset. Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi, 2(2), 271-281.
Iqbal, N., Ahmad, N., & Kanwal, M. (2013). Impact of Corporate Social Responsibility on Profitability of Islamic and Conventional Financial Institutions. Applied Mathematics In Engineering, Management And Technology, 1(2), 26-37.
Ismail. (2011). Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana Prnada Media Grup
Kholidah, H. (2018). Pengaruh Kinerja Sosial Terhadap Profitabilitas Pada Bank Syariah The Effect of Social Performance to the Profitability of Islamic Banks. The Internasional Journal of Applied Business TIJAB, 2, 1-11.
Kuppusamy, M., Saleh, A. S., & Samudhram, A. (2010). Measurement Of Islamic Banks Performance Using A Shariah Conformity And Profitablity Model. Review of Islamic Economics, 13(2), 35-48.
Masyita, E., & Harahap, K. K. S. (2018). Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Rasio Likuiditas Dan Profitabilitas. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK), 1(1), 33-46.
Mayasari, F. A. (2020). Pengaruh Islamicity Performance Index Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Indonesia Periode 2014-2018. Kompartemen: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 18(1).
Nurdin, S., & Suyudi, M. (2019). Pengaruh Intellectual Capital dan Islamicity Performance Index Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Syariah di Indonesia. JAMDI (Jurnal Akuntansi Multi Dimensi), 2(1).
Puspasari, R., & Mawardi, I. (2014). Pengaruh Kinerja Sosial terhadap Profitabilitas Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 1(7), 456-468.
Saputri, F. A., & Setyawan, H. (2021). Pengaruh Pengungkapan Nilai-Nilai Etis Islami Terhadap Profitabilitas pada Perbankan Syariah di Indonesia. Budai: Multidisciplinary Journal Of Islamic Studies, 1(1), 43-55.
Sembiring, E. R. (2006). Karakteristik perusahaan dan pengungkapan tanggung jawab sosial: study empiris pada perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Jakarta. MAKSI, 6.
Sidik, I., & Reskino, R. (2016). Zakat and Islamic Corporate Social Responsibility: Does It Take Effect to the Performance of Shari’a Banking?. Shirkah: Journal of Economics and Business, 1(2), 161-184.
Sudarsono, H. (2017). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Profitabilitas Bank Syariah di Indonesia. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 175-203.
Sutapa, S., & Hanafi, R. (2019). Dampak Islamic Corporate Governance, Islamic Social Reporting Pada Kinerja Keuangan Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Akuntansi Indonesia, 8(2), 155-165.
Suyanto, M. (2006). Pengaruh Pelaksanaan Prinsip Syariah Terhadap Kinerja Dan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Lingkungan Kegiatan Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal Optimal. STIE IEU. Vol, 4, 23-49.
Published
2022-10-31
Section
Articles