PENGARUH SARAN BISNIS PIHAK EKSTERNAL TERHADAP KINERJA UKM DENGAN MOTIVASI DAN KETRAMPILAN MANAJEMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Abstract
Lingkungan UKM memberikan kesempatan yang unik untuk mengetahui pengaruh saran bisnis pihak eksternal, motivasi, dan keterampilan manajemen terhadap kinerja UKM.Saran bisnis didefinisikan sebagai saran yang diberikan oleh pihak eksternal untuk mendukung kebutuhan informasi manajemen dalam operasi bisnis.Saran bisnis pihak eksternal yang dimaksud dalam penelitian ini berasal dari Dinas Koperasi dan UKM.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan memberikan bukti empiris pengaruh saran bisnis pihak eksternal, motivasi dan keterampilan manajemen terhadap kinerja UKM.Objek penelitian adalah Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Binaan dari Dinas Koperasi Usaha Mikro Kota Semarang.Jumlah sampel dalam penelitian sebesar 48 UKM binaan di Kecamatan Semarang Tengah, dengan menggunakan metode purposive sampling.Sedangkan penelitian menggunakan metode analisis data yaitu SmartPLS dan pengumpulan data menggunakan kuesioner.Hasil penelitian menunjukkan bahwa saran bisnis pihak eksternal mempengaruhi secara positif terhadap kinerja UKM melalui variabel perantara yaitu motivasi dan keterampilan manajemen.