ANALISIS PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai tingkat kesesuaian Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia dengan Global Reporting Initiative (GRI), Islamic Social Reporting (ISR), dan Ethical Identity Index (EII). Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia. Metode pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling pada semua Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia untuk tahun pengamatan 2013-2015. Sampel yang diperoleh sebanyak 11 Bank Umum Syariah (BUS). Metode analisis yang diterapkan dalam penelitian adalah analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ethical Identity Index (EII) memiliki tingkat kesesuaian paling tinggi dengan rata-rata pengungkapan sebesar 72,12%, diurutan kedua adalah Islamic Social Responsibility (ISR) dengan rata-rata pengungkapan sebesar 51,66%, dan yang terakhir adalah Global Reporting Initiative (GRI) dengan rata-rata pengungkapan sebesar 33,21%.