DETERMINAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMEDIASI KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA PENGGUNA APLIKASI GRABFOOD DI KOTA BANDUNG

  • Yunita Dwi Puspita STIE BANK BPD JATENG
  • Widhy Setyowati STIE BANK BPD JATENG
Keywords: online customer review, online customer rating, diskon, kepercayaan konsumen, keputusan pembelian

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh online customer review, online customer rating, dan diskon terhadap keputusan pembelian dan peran kepercayaan konsumen memediasi pengaruh online customer review, online customer rating, dan diskon terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini diadakan di Kota Bandung. Kuesioner yang telah sudah diuji validitas dan reliabilitasnya ditujukan kepada 100 orang responden. Cara pengumpulan datanya memakai kuisioner. Sedangkan pengukuran analisis datanya memakai aplikasi SmartPLS. Hasil pengukuran antar variabel t-statistik menghasilkan (1) Online customer review dan diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen. (2) Online customer rating tidak berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan konsumen maupun keputusan pembelian. (3) Online customer review tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (4) Diskon dan kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (5) Kepercayaan konsumen signifikan memediasi hubungan online customer review maupun diskon terhadap keputusan pembelian, namun tidak signifikan memediasi hubungan online customer rating terhadap keputusan pembelian.

Published
2023-01-30