ORIENTASI WIRAUSAHA, ORIENTASI PASAR DAN KINERJA UKM : PENGARUH MEDIASI STRATEGI COST LEADERSHIP DI MASA PANDEMI COVID 19 (Studi Pada UKM Laundry di Kota, Semarang)

  • Fitri Lukiastuti STIE BANK BPD JATENG
Keywords: orientasi wirausaha, orientasi pasar, strategi kepemimpinan biaya, keunggulan daya saing, kinerja UKM

Abstract

Kinerja usaha merupakan keberhasilan ataupun kegagalan organisasi dalam menjalankan tugas dan fungsi pokokdalam rangka mewujudkan sasaran, target dan tujuan, Suatu perusahaan perlu memperhatikan faktor-faktor yangmempengaruhi kinerjanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mediasi strategikepemimpinan biaya pada hubungan orientasi wirausaha dan orientasi pasar terhadap kinerja UKM. Objek penelitian ini adalah UKM laundry di Kota Semarang dengan jumlah sampel sebanyak 100 UKM laundry. Metodepengumpulan data menggunakan metode probability sampling. Analisis dengan path analysis (analisis jalur).Hasil analisis menunjukkan orientasi pasar dan orientasi wirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap strategi kepemimpinan biaya. Orientasi pasar, orientasi wirausaha dan strategi kepemimpinan biaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UKM laundry, dan strategi kepemimpinan biaya mampu memediasipengaruh orientasi wirausaha dan orientasi pasar terhadap kinerja UKM laundry di Kota Semarang.

Published
2022-03-30
Section
Articles