PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, LOKASI DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT ASURANSI RELIANCE INDONESIA

  • Hendrison 1
  • Nur Elfi Husda
Keywords: Customer satisfaction; service quality; location; company image

Abstract

Dengan meningkatnya jumlah keluhan nasabah serta untuk meningkatkan kepuasan bagi nasabah di PT Asuransi
Reliance Indonesia, maka peneliti tertarik melakukan penelitian dengan variabel kualitas pelayanan, lokasi dan
citra perusahaan yang mempengaruhi kepuasan nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis
pengaruh kualitas pelayanan, lokasi dan citra perusahaan terhadap kepuasan nasabah PT Asuransi Reliance
Indonesia. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 845 nasabah,
sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling purposive sehingga didapatkan sampel sebesar 100
responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel bebas (kualitas pelayanan, lokasi dan
citra perusahaan) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Serta secara parsial kualitas pelayanan,
lokasi dan citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Ketiga variable bebas tersebut
merupakan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah PT Asuransi Reliance
Indonesia. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan, lokasi dan citra perusahaan berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan nasabah PT Asuransi Reliance Indonesia baik secara parsial dan simultan.

Published
2020-01-22
Section
Articles