SHARIA MARKETING MIX TERHADAP MINAT MENGINAP KEMBALI DI HOTEL GRASIA SEMARANG

  • Ratih Pratiwi
  • Moh. Irfan Latif
Keywords: sharia marketing mix, revisit intention, sharia hotel

Abstract

Bisnis dan pemasaran telah bergeser dari tingkat intelektual (rasional) ke tingkat emosional dan akhirnya ke
pasar spiritual di mana konsumen lebih peduli tentang kompatibilitas produk dan layanan dengan nilai-nilai
spiritual yang mereka yakini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak penerapan
bauran pemasaran terhadap niat mengunjungi kembali di Grasia Hotel Semarang. Penelitian ini merupakan
penelitian empiris, data diperoleh dari 100 pengunjung Gracia Hotel dan model yang dianalisis dengan analisis
perangkat lunak PLS. Analisis menunjukkan bahwa bauran pemasaran Syariah memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap niat mengunjungi kembali di Grasia Semarang hotel. Jadi ketika bauran pemasaran syariah
meningkat akan mempengaruhi peningkatan niat mengunjungi kembali. Produk, harga, tempat / saluran,
promosi, proses, orang, bentuk fisik, kesabaran dan janji-janji mempengaruhi niat mengunjungi kembali di hotel
Grasia Semarang. Keberadaan Hotel Syariah telah menjadi tren baru yang menjadi dikenal luas oleh publik,
sehingga penting bagi organisasi untuk menjaga kualitas layanan, fasilitas, harga, proses, kompatibilitas
bangunan fisik dengan konten Islami, serta kejujuran dan ketepatan janji dalam melakukan layanan akomodasi
hotel

Published
2020-01-22
Section
Articles