PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HOLIDAY HOTEL DI KOTA BATAM

  • Feni Maryati
  • Nur Elfi Husda
Keywords: facilities, service quality, customer satisfaction

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan
pelanggan pada Holiday Hotel di kota Batam. Pengambilan sampel ditentukan dengan menggunakan
purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 136 responden berdasarkan rumus slovin. Teknik
pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan
menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan alat hitung SPSS (Statistic Product and
Service Solution) versi 23. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil uji t, diketahui bahwa
untuk variabel bebas yaitu fasilitas berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas
pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan fasilitas berpengaruh secara
signifikan terhadap kualitas pelayanan. Dari hasil uji f, untuk variabel terikat yaitu kepuasan pelanggan,
bahwa fasilitas dan kualitas pelayanan secara bersamaan dan simultan berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan pelanggan pada Holiday Hotel di Kota Batam

Published
2020-01-22
Section
Articles