PENERAPAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL UNTUK MENJELASKAN NIAT PEMBELIAN MELALUI APLIKASI GO-FOOD

  • Agung Dwi Nugroho
  • Muhammad Akbar
  • Ena Andini
  • Amir Hidayatulloh
Keywords: Word of Mouth, Model Penerimaan Teknologi, Niat untuk Menggunakan Aplikasi Go-Food

Abstract

Tujuan dalam penelitian untuk menganalisis penerapan technology acceptance model untuk menjelaskan niat
pembelian melalui aplikasi Go-Food. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna internet. Sampel dalam
penelitian adalah pengguna aplikasi Go-Food. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan
purposive sampling, dengan kriteria pengguna aplikasi Go-Food yang minimal telah melakukan pembelian dua
kali melalui aplikasi Go-Food. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner dengan bantuan
google form. Responden dalam penelitian ini sebanyak 157 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan Partial Least Square dengan bantuan alat WarpPLS. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa niat
untuk melakukan pembelian melalui aplikasi Go-Food dipengaruhi oleh word of mouth dan persepsi
kemudahaan penggunaan. Namun, niat untuk melakukan pembelian dengan menggunakan aplikasi Go-Food
tidak diperngaruhi oleh persepsi kegunaan. Hasil lain menunjukan bahwa persepsi kemudahaan penggunaan
berpengaruh terhadap persepsi kegunaan.

Published
2020-01-22
Section
Articles