PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL, TRANSFORMASIONAL, SITUASIONAL, VISIONER DAN PELAYAN DENGAN KINERJA PEGAWAI SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN BREBES

  • Karyono SE
  • Taofik Hidajat
Keywords: Transactional Leadership, Transformational Leadership, Situational Leadership, Visionary Leadership, Service Leadership and Employees’ Performance.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan transaksional, transformasional, situasional, visioner dan pelayan terhadap kinerja pegawai pada Sekretariat DPRD Kabupaten Brebes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai di Satuan Kerja Sekretariat DPRD Kabupaten Brebes yang berjumlah 70 pegawai. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode sensus, sehingga seluruh pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Brebes sebanyak 70 pegawai dijadikan sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, kemudian dilanjutkan dengan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 19. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepemimpinan transaksional, transformasional, situasional, visioner dan pelayan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Brebes baik secara parsial maupun secara simultan. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan transaksional, transformasional, situasional, visioner dan pelayan mempengaruhi variabel kinerja pegawai sebesar 68,3% dan sisanya sebesar 31,7% kinerja pegawai dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel independen dalam penelitian ini. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kinerja pegawai pada Sekretariat DPRD Kabupaten Brebes, top manager (dalam hal ini Sekretaris DPRD Kabupaten Brebes) harus mempunyai kompetensi tentang gaya kepemimpinan yang baik.

Published
2019-12-23
Section
Articles