THE ROLE OF JOB SATISFACTION MEDIATING WORK FAMILY-CONFLICT AND WORK STRESS ON THE PERFORMANCE OF WOMEN TEACHERS OF VOCATIONAL MIDDLE SCHOOL (SMK) MAGELANG WHEN PJJ (distance learning) is taking place IN THE TIME OF THE COVID-19 PANDEMIC

  • Nenden Nur Annisa Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Fitria Amallia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepuasan kerja memediasi work-family conflict dan stres kerja terhadap kinerja guru wanita sekolah menengah kejuruan (SMK) Magelang saat PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) berlangsung di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunkan metode penelitian survei.Teknik yang digunakan dalam pengambilan data pada penelitian ini adalah menggunakan metode Purposive Sampling dengan alat bantu angket atau kuesioner yang berisi empat variabel yaitu work-family conflict (X1), stres kerja (X2), kinerja guru (Y), dan kepuasan kerja (Z). Uji yang digunakan adalah uji instrumen, uji analisis regresi linear berganda, koefisien determinan R2, uji signifikan, uji mediasi/intervening dengan menggunkan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa work-family conflict dan stres kerja berpengaruh terhadap kinerja guru dan pengaruh tersebut dimediasi oleh kepuasan kerja.

 

Kata kunci: work-family conflict, stres kerja, kepuasan kerja, kinerja

Published
2021-07-28
Section
Articles