INOVASI DAN KREATIFITAS UMKM DI MASA PANDEMI (STUDI KASUS DI KABUPATEN BEKASI)

  • Reny Tri Juni Munthe President University
  • Dedi Rianto Rahadi President University
Keywords: Kata kunci: Inovasi, Motivasi, Kreatifitas, UMKM, bisnis, pandemi Covid-19

Abstract

Saat ini dunia sedang mengalami pandemi Covid-19 termasuk di Indonesia.Begitu pun dengan  perekonomian di Indonesia yang sangat tak dipungkiri  berdampak dan adanya ketidakstabilan ekonomi salah satunya UMKM di Kabupaten Bekasi. UMKM juga sebagian dari perekonomian yang harus mempunyai keunggulan untuk  meningkatkan dalam melakukan inovasi. Keunggulan dalam perekonomian di dalam UMKM terkini yaitu inovasi dan kreatifitas.Untuk itu dibutuhkanya keunggulan dari sebuah kreatifitas dalam berbasis inovasi yang dapat membuat UMKM di Kabupaten Bekasi ini agar terus bertahan dan berkembang di masa pandemi Covid-19 dengan daya tahan dan jangka waktu lebih panjang. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, data yang diperoleh dikompulasi, dianalisis dengan pendekatan deskripsi sehingga mendapatkan kesimpulan dari studi literatur. Pada penilitian ini hasil pemikiran dengan penelitian pustaka dengan mengambil data literature dari sumber, yakni teknik pengumpulan data dengan memelaah buku-buku, literature-literatur, teori-teori, artikel-artikel serta catatan-catatan yang ada di internet sesuai dengan masalah yang berkaitan. Hasil penilitian ini menunjukan adanya inovasi ini juga dibutuhkan motivasi dan kreatifitas di dalam diri seseorang agar bisa mencapai suatu tujuan dan bentuk inovasi dan kreatitiftas apa saja yang bisa dilakukan terhadap UMKM di masa pandemi ini yang akan membantu terbukanya pikiran para pelaku  UMKM terutama di Kabupaten Bekasi untuk melakukan atau membentuk suatu perubahan kedepannya agar terus tetap bertahan.

Published
2021-01-29
Section
Articles