PENGARUH BIAYA PRODUKSI TERHADAP HARGA JUAL PADA PT SHAMROCK MANUFACTURING CORPORATION.

  • Sherly Ramwaty Dewi Universitas Islam Sumatera Utara
Keywords: Biaya produksi, harga jual, manufaktur

Abstract

Pada umumnya harga jual produk ditentukan oleh perimbangan permintaan dan penawaran di pasar. Oleh karena itu, penentu harga jual produk bukanlah hanya biaya saja melainkan selera konsumen, jumlah pesaing yang memasuki pasar dan harga jual yang ditentukan pesaing yang merupakan faktor-faktor yang sulit diramalkan sehingga akan mempengaruhi pembentukan harga jual produk di pasar. Namun di balik itu semua, satu-satunya yang memiliki kepastian relative tinggi yang berpengaruh dalam penentuan harga jual adalah biaya. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya produksi berpengaruh terhadap harga jual pada PT Shamrock, Tbk. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan PT. Shamrock Manufacturing Corporation, Tbk periode 2011-2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif, dengan menggunakan perhitungan yaitu dengan analisis regresi sederhana dan analisis koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh Biaya produksi memiliki pengaruh yang kuat dan besar terhadap harga jual yaitu sebesar 92% dan sisanya sebesar 8% dipengaruhi oleh variabel lain, seperti permintaan di pangsa pasar dan persaingan pasar. Biaya yang digunakan untuk produksi dalam penelitian ini adalah Biaya Bahan Baku, Overhad pabrik dan Biaya Tenaga Kerja.

Published
2019-04-16
Section
Articles