PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ), KECERDASAN EMOSIONAL (EQ), DAN KECERDASAN SPIRITUAL (SQ) DALAM MENENTUKAN RISIKO KECURANGAN

  • Joko Pramono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga
  • Maria Entina Puspita Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga
Keywords: Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan Spiritual (SQ), Audit Judgment, Risiko Kecurangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) terhadap audit judgment dalam menentukan risiko kecurangan. Objek yang diteliti adalah Kantor Akuntan Publik di Jakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling dengan menggunakan sampel penelitian adalah auditor eksternal yang memiliki masa kerja lebih dari 1 (satu) tahun. Jenis data penelitian menggunakan data primer berupa kuesioner online. Responden penelitian ini berjumlah 40 auditor. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kecerdasan intelektual (IQ) berpengaruh terhadap audit judgment dalam menentukan risiko kecurangan, sedangkan kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) terbukti tidak berpengaruh terhadap audit judgment dalam menentukan risiko kecurangan.

References

Ardana, I. C., Aritonang, L. R., & Dermawan, E. S. (2013). Kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spritual dan kesehatan fisik untuk memprediksi prestasi belajar mahasiswa akuntansi. Jurnal Akuntansi, XVII(3), 444–458.

Arens, A. A., Elder, R. J., & Beasly, M. S. (2005). Auditing dan pelayanan verifikasi: pendekatan terpadu (1st ed.). Jakarta: Indeks.

Choiriah, A. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual Dan Etika Profesi Terhadap Kinerja Auditor Dalam Kantor Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi, 1(1), 1–22.

Fabiola, M. (2005). Analisis pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosi, dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan. Universitas Diponegoro.

Hakim, A. R., & Esfandari, A. Y. (2015). Pengaruh kecerdasan intelektual,kecerdasan emosional, pengalaman auditor, dan due professional care terhadap kualitas audit. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 4(1).

Haryanto. (2012). Debiasing audit judgment: akuntabilitas dan tipe pembuat keputusan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 2(1), 1–25.

Knapp, M. C., & Knapp, C. A. (2012). Cognitive Biases in Audit Engagements. CPA Journal, 82(6), 2012.

Kristiani, I. (2012). Pengaruh tipe kepribadian dan penerimaan perilaku disfungsional terhadap audit judgment. Universitas Kristen Satya Wacana.

Lianawati. (2011). Pengaruh penaksiran risiko kecurangan dan sikap skeptisme profesional auditor dalam mendeteksi kecurangan. Universitas Kristen Satya Wacana.

Ludigdo, U., & Maryani, T. (2011). Survei atas faktor-faktor yang mempengaruhi Sikap dan perilaku etis akuntan. Jurnal TEMA, 2(1), 1–19.

Notoprasetio, C. (2012). Pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual auditorterhadap kinerja auditor pada Kantor Akuntan Publik di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 1(4), 76–81.

Praditaningrum, A. S. (2012). Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap audit judgment (studi pada BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah). Universitas Diponegoro.

Sujarweni, W. V. (2015). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukmawati, N. L. G., Herawati, N. T., & Sinarwati, N. K. (2014). Pengaruh etika profesi, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap opini auditor. In E-journal S1 Ak (Vol. 2).

Trihandini, R. A. (2015). Analisis pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan: studi kasus di hotel horizon, Semarang. Universitas Diponegoro.

Wijayanti, G. (2012). Peran kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dalam meningkatkan kinerja auditor. Unika Widya Mandala Surabaya.
Published
2020-05-07
Section
Articles