PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, KEMUDAHAN DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-WALLET

  • Yuliani Dwi Rahmawati STIE Bank BPD Jateng
  • Rahmi Yuliana Yuliana

Abstract

This study aims to determine the effect of perception of benefits, perception of ease, and security perception on the decision to use e-wallet for STIE Bank BPD Jateng students. The population in this study is the active students of 2016 - 2019 who are in STIE Bank BPD Jateng, amounting to 824 students. The sampling technique used in this study uses snowball sampling and The number of samples selected was 90. Data collection methods with questionnaires distributed online. The analytical tool in this study is multiple linear regression analysis. The results show that the perception of benefits, perceived convenience, and perceived security have a positive and significant effect on the decision to use e-wallet for students. Variable perception of security has a dominant influence on the decision to use e-wallet for students. Security is indeed the most important in the decision to use e-wallet because someone feels safe and protected.

References

Afghani, M. F., & Yulianti, E. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Persepsi Risiko, Serta Kesadaran Nasabah Terhadap Adopsi E-Banking Di Bank Bri Surabaya. Journal of Business & Banking, 6(1), 113. https://doi.org/10.14414/jbb.v6i1.898
Ahmad, & Pambudi, B. S. (2013). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Ketersediaan Fitur Terhadapminat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Program Layanan Internet Banking Bri). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Bayu, P. A., & Dewa, S. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-Jurnal Akuntansi, 27, 927. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v27.i02.p04
Cita, C. S. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Layanan Go-pay pada Pelanggan Maupun Pengemudi Go-jek. Akuntansi, 19–20. https://dspace.uii.ac.id/ handle/123456789/7989
Elsa, S., & Bulan, P. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan Menggunakan E-wallet dan Persepsi Manfaat Serta Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Saldo E-Wallet Ovo. Journal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–9.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Universitas Diponegoro.
Haidari, M. B., & Tileng, K. G. (2018). Analisa Faktor-Faktor Berpengaruh pada Penggunaan Go-Pay. Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi (JUISI) Universitas Ciputra, 04(01), 10–15.
Indrianawati, E., & Soesatyo, Y. (2017). Pengaruh Tingkat Pendapatan dan Pengetahuan Ekonomi Terhadap Tingkat Konsumsi Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 3, 214–226.
Kamil, L. I. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Untuk Menggunakan Gopay. Page 116.
Marchelina, D., & Pratiwi, R. (2016). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, persepsi risiko dan fitur layanan terhadap minat penggunaan e- money (studi kasus pada pengguna e-money kota palembang). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 1(1), 1–17.
Musfiroh, F. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahaan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik Pada Masyarakat Kota Surakarta. Society.
Nugroho, B. A. F. (2016). Mekanisme Pemungutan Pajak Pertambahan Nilai untuk E-Commerce di Indonesia Menggunakan E-Wallet.
Prakosa, A., & Winka, D. J. (2020). Analisis faktor - faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Ulang E-Wallet pada Generasi Milenial di Daerah Istimewa Yogyakarta. Bisman, 3.
Putri, N. E., & Iskandar, D. (2017). Analisis Preferensi Konsumsi Dalam Penggunaan Social Messenger di Kota Bandung Tahun 2014 (Studi Kasus : Line, Kakaotalk, Wechat, Whatsapp). Jurnal Manajemen Indonesia, 14(2), 110. https://doi.org/10.25124/jmi.v14i2.356
Rondonuwu, M. (2013). Tingkat Pendidikan, Motivasi Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Penggunaan Produk Nasabah Priority Banking Bank Sulut. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 257–264. https://doi.org/10.35794/ emba.v1i3.1734
Sari, ika. (2019). Pengaruh Kemudahan, Manfaat, Penggunaan Teknologi, Fitur Layanan dan Keamanan, Terhadap Minat Menggunakan E-Money dengan Sikap Penggunaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna e-money Flazz BCA di Bank BCA Syariah Semarang). IAIN Salatiga.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Utami, M. C. (2019). Implementasi Analytical Hierarchy Process ( AHP ) Dalam Pemilihan E-wallet Untuk Mahasiswa. 21, 3.
https://www.liputan6.com/bisnis/read/4037468/daftar-e-wallet-terpopuler-di-indonesia-dana-raih-pengguna-aktif-terbanyak
Published
2020-11-08
Section
Articles